Menu

Sabtu, 12 November 2011

Tugas Softkill Minggu ke5

NAMA KELOMPOK : ANNISA AFRENTI (20211949)
                                        DESI FARADINA
                                         NOVI ALVIONITA
                                        WIDYAWATI
                                          FAJAR TRANGGONO
KELAS : 1EB20                                  

TUGAS  MINGGU  5  :

  1. SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
Jawab : a. fungsi perencanaan( planning) : seoseorang harus melakukan perencanaan terlebih dahulu , yaitu untuk menentukan metode atau tahap-tahapan untuk mencapai tujuan yang akan ditetapkan. Manfaatnya dengan melakukan perencanaan kegiatan atau tujuan yang sudah kita tetapkan dapat berjalan dengan baik sesuai rencana dan kita menjadi termotivasi untuk menjalankan tujuan tersebut.
 b. fungsi pengorganisasian ( organizing ) : setelah seseoranrg melakukan perencanaan selanjutnya ia harus melakukan pengorganisasian atau membagi tugass untuk masing-masing tenaga kerja yang sesuai dengan bidang keahliaannya. Manfaatnya tujuan dapat terlaksana dengan baik karna masing-masing menjalankan tugas dibidangnya.
c.fungsi pengarahan ( directing) :  seseorang harus bisa mengarahkan untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja agar lebih maksimal. Manfaatnya agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai dengan planning (perencanaan) sebelumnya.
d. fungsi pengendalian ( controlling ) : untuk menilai dan memeriksa perkerjaan apakah sudah dapat berjalan dengan baik sesuai rencana. Manfaatnya untuk mengetahui kira-kira masalah apa saja yang dihadapi dan bagaimana cara penyelesaiannya.                    





  1. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
-          DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI : yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi misalnya, adanya transparansi, independensi, responsif, akuntabilitas, dan kejujuran antar pribadi.
-          DENGAN INFORMASI : yang berkaitan dengan informasi misalnya, menggunakan teknologi tepatguna.
-          DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN : dalam pengambilan keputusan misalnya, berorientasi ke masa depan baik tidaknya keputusan yang akan di ambil dengan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

    3.   SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA    SECARA SINGKAT
Jawab :  bentuk-bentuknya meliputi :
                         - Organisasi lini yaitu bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang  yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan.
                        - Organisasi Fungsional yaitu suatu organisasi di mana wewenang dari pemimpin tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagianyang mempunyai jabatan fungsionaluntuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai ke ahlian khusus.
                        - Organisasi Lini dan Staff yaitu suatu bentuk organisasi di mana pelimmpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan ke kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat,manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misalkan mengenai masalah kearsipan, keuangan, personel, dan sebagainya.
                        - Organisasi Fungsional dan lini yaitu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkankepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian. 
                        - Organisasi Matrik yaitu organisasi di mana pengunaan struktur organisasi menunjukan di mana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatun proyek yang harus diselesaikan.
                        - Organisasi Komite yaitu  bentuk organisasi di mana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar