Nama Kelompok : Annisa Afrenti (20211949)
Desi Faradina
Fazar Tranggono
Novi Alvionita
Widyawati
Kelas: 1EB20
1.Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran!
Jawab
:
Pengertian Pasar
Pengertian “pasar” semula adalah tempat dimana pembeli
dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang- barang mereka atau lebih
jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual. Ekonom menggunakan istilah
tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang melakukan
transaksi atas produk atau kelas produk tertentu. Pengertian pasar menurut
konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran .
oleh karena itu, pengertian menurut konsep pemasaran bukan bersifat tempat yang
statis. Pengertian pasar menurut pemasaran adalah:
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang
mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat
merealisasikan pembelian tersebut.
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau
keinginan tertentu yang sama. Yang mungkin bersedian dan mampu melaksanakan
pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Atas dasar perilaku tujuan pembeliannya, pasar dibedakan menjadi dalam dua
kelompok. Yaitu pasar konsumen akhir (end users) dan pasar konsumen antara
(intermediate consumers).
Pasar konsumen akhir sering hanya disebut sebagai pasar konsumen, meliputi
pribadi atau rumah tangga. Tujuan pasar konsumen mengkonsumsi barang adalah
untuk keprluan sendiri dan untuk rumah tangganya.pasar konsumen antara sering
dikenal sebagai pasar produsen, pasar industrial atau pasar organisasional.
Tujuan pasar industrial mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan (diproses
atau dijual) pihak lain.
Pengertian Pemasaran
Jika harus mendefinisikan pemasaran, kebanyakan orang, mengatakan pemasaran
artinya “penjualan” atau “periklanan”. Penjualan atau periklanan
hanyalah “the tip of the marketing iceberg”. Penjulan atau periklanan
hanyalah salah satu dari erbagai fungsi pemasaran, dan seringkali bukan
merupakan bagian terpenting.
Pemasaran dalam pengertiannya yang lebih luas, didefinisikan
sebagai semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala
pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.
Dari perspektif bisnis yang lebih sempit pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah
keseluruhan sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu
bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan mereka, guna mencapai
tujuan organisasi. Oeh karena itu, pemasaran dalam situasi bisnis bersifat
dapat dikelola, merupakan suatu sistem, melibatkan produk, promosi, penetapan
harga, dan distribusi (yang perlu di koordinasi), dan dirancang untuk
memberikan sesuatu yang memuaskan atau nilai kepada suatu kelompok (pasar
sasaran), dan dalam rangka mencapai tujuan organisasi/ individu).
Asosiasi Pemasaran Amerika menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu fungsi
organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan
menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara
yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.
Definisi pemasaran yang paling sesuai secara umum adalah suatu proses
sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan
produk yang bernilai dengan pihak lain.
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti berikut: kebutuhan
(needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, dan
gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran; dan transaksi; hubungan dan
jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.
2.Berikan contoh masing-masing 5 untuk
a.Jenis pasar industri
b.Pasar penjual
Jawab :
a.Jenis pasar indusri
Di pasar industri,
pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk
dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan
memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang
dibeli adalah barang industri.
Contohnya :
1.Sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor
2.Gula, buah-buahan, dan es batu untuk usaha juice
3.Rempah-rempah, gula untuk usaha jamu
4.Daging, sagu, dan mie dan mie untuk usaha mie
bakso
5.Ikan dan sagu untuk usaha somay
b.Pasar penjual
Adalah sebuah pasar yang
terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan
dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya :
1.Jika kita memiliki grosir buah murah, maka kita
akan jual ke pedagang eceran
2.Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan,
kemudian di jual ke eksportir.
3.Beli garam dari petani garam, kemudian dijual ke
pedagang eceran
4.Beli bensin dari pertamina, kemudian dijual
kepada konsumen
5.Jika kita memiliki grosir pakaian, maka kita akan menjualnya ke pedagang
eceran
3.Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran?
Jawab :
Konsep Pemasaran Inti
a.Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana
seseorang merasa kehilangan sesuatu.
b.Keinginan manusia (human
wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian
individu.
c.Permintaan : keinginan manusia yang didukung
daya beli.
d.Produk : segala sesuatu yang
dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki,
digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan,
meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
e.Nilai dan kepuasan: cara konsumen memilih
sebagian besar produk yang memenuhi suatu kebutuhan tertentu dengan membuat
pilihan pembelian berdasarkan persepsinya mengenai nilai produk.
f.Pertukaran : tindakan untuk
memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu
sebagai gantinya.
g.Transaksi : perdagangan antara
dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang
disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
h.Hubungan: pemasar yang bijak
bekerja untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor,
dealer, dan pemasok yang bernilai. Mereka membangun ikatan ekonomi dan sosial
yang kuat dengan berjanji dan secara konsisten menyerahkan produk bermutu
tinggi, layanan yang baik, dan harga yang wajar.
i.Pasar : himpunan para pembeli
aktual dan potensial dari suatu produk.
j.Pemasaran : bekerja dengan
pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan
manusia.
4.Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi!
Jawab :
1.Product
(produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product
variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services,
warranties, and returns.
2.Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, creditterms,andretailprice.
3.Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels,coverage,assortments,locations,inventory,andtransport.
4.Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
2.Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, creditterms,andretailprice.
3.Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels,coverage,assortments,locations,inventory,andtransport.
4.Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
5.Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran!
Jawab :
Dalam pemasaran kelompok
item yang saling berhubungan dan saling berkaitan mencakup :
1.Gabungan organisasi
yang melaksanakan kerja pemasaran.
2.Produk, jasa, gagasan
atau manusia yang dipasarkan.
3.Target pasar.
4.Perantara (pengecer,
grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5.Kendala lingkungan
(environmental constrains)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar