Menu

Selasa, 15 November 2011

Tugas Minggu ke6

Nama Kelompok : Annisa Afrenti (20211949)
                Desi Faradina
                Fazar Tranggono
                Novi Alvionita
                Widyawati
Kelas: 1EB20
 




1.Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran!
Jawab :
Pengertian Pasar

Pengertian “pasar semula adalah tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang- barang mereka atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual. Ekonom menggunakan istilah tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu. Pengertian pasar menurut konsep pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran . oleh karena itu, pengertian menurut konsep pemasaran bukan bersifat tempat yang statis. Pengertian pasar menurut pemasaran adalah:
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama. Yang mungkin bersedian dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Atas dasar perilaku tujuan pembeliannya, pasar dibedakan menjadi dalam dua kelompok. Yaitu pasar konsumen akhir (end users) dan pasar konsumen antara (intermediate consumers).
Pasar konsumen akhir sering hanya disebut sebagai pasar konsumen, meliputi pribadi atau rumah tangga. Tujuan pasar konsumen mengkonsumsi barang adalah untuk keprluan sendiri dan untuk rumah tangganya.pasar konsumen antara sering dikenal sebagai pasar produsen, pasar industrial atau pasar organisasional. Tujuan pasar industrial mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan (diproses atau dijual) pihak lain.
Pengertian Pemasaran
Jika harus mendefinisikan pemasaran, kebanyakan orang, mengatakan pemasaran artinya “penjualan” atau “periklanan”. Penjualan atau periklanan hanyalah “the tip of the marketing iceberg”. Penjulan atau periklanan hanyalah salah satu dari erbagai fungsi pemasaran, dan seringkali bukan merupakan bagian terpenting.
Pemasaran dalam pengertiannya yang lebih luas, didefinisikan sebagai semua kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.
Dari perspektif bisnis yang lebih sempit pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah keseluruhan sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk menyediakan sesuatu bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan mereka, guna mencapai tujuan organisasi. Oeh karena itu, pemasaran dalam situasi bisnis bersifat dapat dikelola, merupakan suatu sistem, melibatkan produk, promosi, penetapan harga, dan distribusi (yang perlu di koordinasi), dan dirancang untuk memberikan sesuatu yang memuaskan atau nilai kepada suatu kelompok (pasar sasaran), dan dalam rangka mencapai tujuan organisasi/ individu).
Asosiasi Pemasaran Amerika menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.
Definisi pemasaran yang paling sesuai secara umum adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti berikut: kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran; dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.

2.Berikan contoh masing-masing 5 untuk
a.Jenis pasar industri
b.Pasar penjual
Jawab :
a.Jenis pasar indusri
Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri. 
Contohnya :
1.Sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor
2.Gula, buah-buahan, dan es batu untuk usaha juice
3.Rempah-rempah, gula untuk usaha jamu
4.Daging, sagu, dan mie dan mie untuk usaha mie bakso
5.Ikan dan sagu untuk usaha somay
b.Pasar penjual
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya :
1.Jika kita memiliki grosir buah murah, maka kita akan jual ke pedagang eceran
2.Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian di jual ke eksportir.
3.Beli garam dari petani garam, kemudian dijual ke pedagang eceran
4.Beli bensin dari pertamina, kemudian dijual kepada konsumen
5.Jika kita memiliki grosir pakaian, maka kita akan menjualnya ke pedagang eceran

3.Apa yang dimaksud konsep inti pemasaran?
Jawab :
Konsep Pemasaran Inti
a.Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
b.Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan  dan kepribadian individu.
c.Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli.
d.Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
e.Nilai dan kepuasan: cara konsumen memilih sebagian besar produk yang memenuhi suatu kebutuhan tertentu dengan membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsinya mengenai nilai produk.
f.Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
g.Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang  bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
h.Hubungan: pemasar yang bijak bekerja untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan pemasok yang bernilai. Mereka membangun ikatan ekonomi dan sosial yang kuat dengan berjanji dan secara konsisten menyerahkan produk bermutu tinggi, layanan yang baik, dan harga yang wajar.
i.Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk.
j.Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan   kebutuhan dan keinginan manusia.

4.Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi!
Jawab :
1.Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2.Price (harga), yaitu
sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, creditterms,andretailprice.
3.Place (tempat), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels,coverage,assortments,locations,inventory,andtransport.
4.Promotion (promosi), yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

5.Sebutkan beberapa alternatif sistem pemasaran!
Jawab :
Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan  mencakup :
1.Gabungan organisasi yang melaksanakan   kerja pemasaran.
2.Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
3.Target pasar.
4.Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5.Kendala lingkungan (environmental constrains)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar