Menu

Kamis, 03 November 2011

Tugas Minggu ke4

Nama Kelompok : Annisa Afrenti (20211949)
                              Fajar Tranggono
                              Desi Faradina
                              Novi Alvionita
                              Widyawati
Kelas : 1EB20


1.       Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki oleh wiraswasta!
Jawab :
Wiraswasta adalah suatu keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan sendiri. Di sini yang perlu diperjelas adalah makna ‘kekuatan sendiri’. Makna dari ‘kekuatan sendiri’ bukanlah kegiatan usaha yang dilaksanakan secara sendirian, melainkan lebih mengacu kepada sikap mental yang tidak bergantung pada orang lain. Dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, ia lebih mengandalkan pada kekuatan sendiri daripada minta bantuan orang lain. Jadi, pengertian ‘menggunakan kekuatan sendiri’ bisa dikenakan pada usaha sendiri maupun bekerja sebagai karyawan.
Wiraswastawan itu memanfaatkan sifat dan potensi suatu kesempatan dalam pasar –salesman harus menentukan hasrat dan kemampuan calon pelanggan untuk membeli dan memapankan potensi jangka panjang nya.
Unsur yang dimiliki oleh wiraswasta :
1.       Unsur pengetahuan
Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang yang bersangkutan. Semakin tinggi dan semakin luas pendidikan seseorang, semakin tinggi dan semakin luas pula pendidikannya. Kedalaman pengalaman akan dimiliki oleh seseorang bilamana ia mendalami bidang yang di gelutinya. Sedangkan orang yang lebih mementingkan pengetahuan luaspada umunya akan menjadi generalis. Dalam dunia usaha yang kompleks, diperlukan kemampuan yang kompheresif. Karena itu, wiraswastawan dituntut untuk mempunyai keluasan pengetahuan dan kemampuan penalaran yang tinggi.
2.       Unsur Keterampilan
Unsur keterampilan pada umumnya diperoleh dari latihan dan pengalaman kerja yang nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi  dengan keterampilan tinggi akan mempunyai peluang keberhasilan yang tinggi. Keterampilan yang dimilikinya akan mempermudah dan memperlancar penyelesaian berbagai tugas yang dijalaninya.
3.       Unsur Sikap Mental
Unsur sikap mental menggambarkan reaksi sikap dan mental seseorang ketika menghadapi suatu situasi. Untuk berwiraswasta, secara umum dituntut adanya sikap mental yang fleksibel, sesuai dengan tuntutan dan perkembangan keadaan, dinamis, kreatif, dan penuh inisiatif.
4.       Unsur Kewaspadaan
Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga akan terjadi. Sehubungan dengan itu, berwiraswasta juga berarti pperlu mempertimbangkan sikap defensif atau ofensif. Bila sikap defensif  yang dipilih, berarti wiraswastawan akan memikirkan strategi, taktik dan rencana tindakan yang bersifat menghindar, mencegah, membelokkan, menutupi ataupun memperkecil hal-hal yang merugikan pihaknya. Bila sikap ofensif yang dipilih, wiraswastawan justru melihat keuntungan yang dapat diperolehnya dar sesuatu yang diduganya akan terjadi.

2.       Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia searching di Internet !
Jawab :
Perkembangan Waralaba di Indonesia, khususnya di bidang rumaah makan siap saji sangat pesat. Hal ini ini dimungkinkan karena para pengusaha kita yang berkedudukan sebagai penerima waralaba ( franchisee ) diwajibkan mengembangkan bisnisnya melalui master franchise yang diterimanya dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan. Dengan mempergunakan sistem piramid atau sistem sel suatu jaringan format bisnis waralaba berekspansi.
Bahkan dari data Deperindag RI, hingga tahun 1997 telah tedaftar sekitar 250 perusahaan penerima Waralaba dimana hampir 70 persennya bergerak di bidang restoran siap saji.
Pesatnya perkembangan Waralaba daerah perkotaan di Indonesia, karena didukung oleh jumlah populasi yang tinggi dan daya beli yang baik, disamping pola makan masyarakat bisnis (middle-up) yang cenderung makan diluar rumah.
3.      Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, salon dan perawatan, makanan dalam negeri / lokal, dan otomotif !
Jawab :
1.       Pendidikan : IEC, Primagama, ILP, Nurul Fikri, EF(English First)
2.       Kesehatan : Apotek The Medicine Shoppe, Hip Hot - Women's Fitness, Meji Mejiku Nail Salon, Rebel Gym, Sinergi Fitness Center
3.       Salon dan Perawatan : Rudy Hadisuwarno, VZ Skincare, Alex’s Salon Professional, Ristra, Esther House of Beauty
4.       Makanan dalam negeri/ local : donat bakar, warung kebab, Bakmi Gajah Mada, Solaria, d’cost
5.       Otomotif : Raja Motor, King Auto Interior, LIC Triple Polish, CheapNclean, Autocare Centre, C3 Care Center

4.       Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata !
Jawab :
-          Kewirausahaan adalah suatu bentuk usaha berskala lebih luas apabila dibandingkan dengan bisnis kecil-kecilan, dibangun dengan modal sendiri, berani menanggung resiko sendiri dan memiliki tujuan atau rencana untuk mengembangkan usaha atau bisnis tersebut lebih luas lagi.
-          Bisnis kecil adalah suatu bentuk usaha berskala kecil yang di bangun dengan modal sendiri dan tidak memiliki tujuan dan rencana untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya. Karena bisnis kecil biasanya hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari si pemilik usaha saja.

Contoh kasus nyata:
       Jack Matz, mantan eksekutif sebuah perusahaan di Houston, yang kehilangan pekerjaan ketka   perusahaannya merger. Kemudian Martz membuka bisnis potocopy dekat sebuah universitas lokal. Tujuannya adalah mendapatkan cukup uang untuk hidup nyaman sampai ia pensiun 10 tahun lagi. Matz adalah seorang pemilik bisnis kecil, tetapi ia bukanlah seorang wirausahawan. Karena ia tidak punya rencana untuk mengembangkan bisnisnya. Sebaliknya, seorang wirausahawan akan membuka pusat potocopy dengan menciptakan jaringan yang lebih luas untuk menyaingi firma kinko saat itu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar