ANNISA AFRENTI
DESI FARADINA
WIDYAWATI
FAJAR TRANGGONO
KELAS : 1EB20
TUGAS MINGGU 2 :
1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
2. BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
3. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
4. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
5. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
6. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH.
Jawaban :
1. Langkah pertama adalah kita harus membuat planning ( perencanaan ) terlebih dahulu agar tersusun dengan rapi selanjutnya , kita harus mempersiapkan modal terlebih dahulu , karna modal adalah salah satu factor penting yang memperlancar berdirinya suatu organisasi UKM. Tanpa modal suatu organisasi tidak dapat berkesinambungan.
Langkah kedua adalah mempersiapkan anggota ( tenaga kerja ) karna untuk mendirikan suatu organisasi itu dibutuhkan SDM ( tenaga kerja ) yang memiliki skill di bidangnya masing-masing untuk menjalankan organisasi tersebut sesuai dengan tujuannya.
Langkah ketiga adalah setelah modal dan tenaga kerja sudah dipersiapkan dengan baik selanjutnya UKM harus mempersiapkan kira – kira produk apa yang akan dia sediakan untuk para konsumen. Dan bagaimana menyesuaikan dengan pasar konsumen. UKM harus memiliki strategi kira-kira bagaimana cara menarik para konsumen agar tertarik dengan produk yang dihasilkan.
Langkah terakhir adalah memasarkan produk nya dengan metode atau cara dari suatu organisasi UKM.
2. a. Perusahaan yang terikat pada alam
b. perusahaan yang berdasarkan pada sejarah
c. perusahaan berdasarkan pemerintah
d. perusahaan yang dipengaruhi oleh factor-faktor ekonomi
e. perusahaan berdasarkan hubungan / pergaulan internasional
3. Tujuan didirikannya suatu perusahaan : untuk memperoleh keuntungan / laba ( profit) = karna tujuan suatu individu / kelomppk mendirikan suatu perusahaan itu untuk memupuk keuntungan , dengan menghasilkan produk baik berupa barang atau jasa.
Dan untuk memenuhi kebutuhan konsumen = suatu individu / kelompok mendirikan suatu perusahaan adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas. Selain itu , tujuan berdirinya suatu perusahaan yaitu untuk menjalin hubungan internasional yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.
4. Lingkungan internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan.dan lingkungan internal di dalam perusahaan ini
Memiliki dua variabel yakni kekuatan (strength)dan kelemahan (weakness),
dan Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.
lingkungan eksternal : lingkungan organisasi yang berada di luar perusahaan tersebut dan mempengaruhi suatu perusahaan .
Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats),
yang Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum
5. Pengaruh lingkungan internal dan eksternal bagi suatu perusahaan yaitu :
- Dalam bidang ekologi, meliputi pencemaran udara,air,sampah
- Dalam bidang ekonomi, meliputi urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
- Dalam bidang sosial, meliputi kriminalitas,pengangguran
- Dalam bidang politik, meliputi pertahanan keamanan
- Dalam bidang hukum, meliputi keputusan dan transaksi perusahaan
6. Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, yaitu maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, yaitu maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar