Menu

Senin, 24 Oktober 2011

tugas minggu 1

Nama : Annisa Afrenti  ( 20211949)
Kelas : 1EB20
           Novi Alvionita
         
           Desi faradina
          
           Widyawati
    
           Fajar


TUGAS  MINGGU 1 PENGANTAR BISNIS :
  1. JELASKAN APA YG DI MAKSUD BISNIS MENURUT ANDA DAN KENAPA BISA DEMIKIAN !
  2. CERITAKAN SEJAK KAPAN BISNIS ITU MUNCUL
  3. BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING2 ALASAN
  4. APA YG DIMAKSUD FAKTOR PRODUKSI , SIAPA YG MEMPERGUNAKAN COBA JELASKAN
  5. SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN ALASAN MENGAPA FAKTOR INTERNAL  LANGSUNG MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN  


 JAWABAN :
1.      Bisnis  adalah suatu kegiatan ekonomi yang di lakukan oleh suatu individu atau kelompok  baik  kegiatan produksi  atau distribusi yang saling menguntungkan di berbagai bidang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  ( konsumen ) berupa barang dan jasa.
Hal itu terbukti misalnya dalam contoh berdirinya suatu perusahaan yang didirikan untuk memproduksi bahan pangan. Berarti, secara langsung perusahaan tersebut sudah melakukan tindakan atau kegiatan bisnis. Bisnis yang dapat menguntungkan baik bagi perusahaannya sendiri yaitu berupa laba perusahaan maupun bagi masyarakat ( konsumen ) yang kebutuhannya akan bahan pangan dapat terpenuhi .                                                    
2.      Bisnis itu sudah muncul sejak zaman kerajaan – kerajaan dahulu , saat itu belum ada alat tukar yang mudah dan baku . sehingga saat itu muncul pemikiran  untuk melakukan tukar – menukar barang dengan barang yang disebut barter. Mereka juga melakukan kegiatan perdagangan baik di dalam daerahnya maupun ke luar daerahnya . namun seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin tingginya tingkat kebutuhan masyarakat,  sistem barter sudah mulai ditinggalkan karena ada beberapa kelemahannya dan juga karna barang yang di tukar tidak sebanding  nilai tukarnya dengan barang yang diperoleh . hal itu memunculkan penemuan sebuah alat tukar yang mudah dan nilai tukarnya stabil yaitu mata uang . dengan munculnya mata uang maka, kegiatan bisnis ataupun perdagangan dapat dengan mudah berlangsung . selain itu juga banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri dan mengalami banyak perkembangan dalam dunia bisnis baik nasional maupun internasional .
3.       Alasan mengapa orang belajar bisnis ?
-          Untuk memenuhi kebutuhan :  orang yang belajar bisnis akan dapat memiliki keterampilan atau keahlian di suatu bidang , untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak terbatas .
-          Agar mampu mengambil kesempatan bisnis : orang yang belajar bisnis akan mampu dan berani untuk mengambil kesempatan ketika ada peluang untuk berbisnis .
-          Agar mampu mencari ide yang lebih kreatif : orang yang belajar bisnis akan mampu memiliki pemikiran dan dapat mengikuti perkembangan pasar dalam bisnis untuk mengeluarkan produk – produk unggul yang berkualitas sesuai dengan permintaan konsumen .
-          Agar mengetahui cara memperoleh keuntungan yang sesuai : orang yang belajar bisnis akan mampu menentukan cara – cara atau kiat untuk memperoleh keuntungan bagi perusahaannya , misalnya dengan cara menaikkan harga produk atau meningkatkan pelayanan dan manfaat dari produk yang ditawarkan kepada konsumen .
4.      Factor produksi : unsur-unsur yang dapat digunakan dalam proses produksi yang meliputi  Sumber daya alam ( SDA ) , tenaga kerja manusia ( SDM ) , Modal , dan kewirausahaan . yang menggunakan factor produksi adalah manusia baik produsen atau konsumen .
Misalnya : Sumber daya alam ( SDA ) : segala sesuatu yang ada di alam yang apat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya .
                 Tenaga kerja manusia ( SDM ) , Modal , dan kewirausahaan : segala sesuatu yang dibutuhkan dan digunakan oleh rumah tangga produsen untuk melakukan kegiatan bisnisnya. 
5.      Lingkungan Internal : segala sesuatu di dalam organisasi atau perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut. Diantaranya adalah Tenaga kerja , Modal , material atau bahan baku , peralatan atau perlengkapan produksi , Metode atau cara .
Factor internal ini  secara langsung mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan karna, lingkungan Internal biasanya digunakan untuk menentukan kekuatan perusahaan dan untuk mengetahui bagaimana kelemahan perusahaan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar